Mangkey Kritik Pilkada Ajang Politik Transaksional

Sambutan Rektor UN Manado Lucky Mangkey, SE,M.Kom Pada Acara Wisuda Angkatan XIV

SUARAMANADO, Kotamobagu : Tujuan demokrasi politik adalah kesejahteraan. Sayangnya faktanya hal ini seperti jauh panggang dari api, kekuasaan politik berbanding terbalik dengan kesejahteraan rakyat.

 

Hal ini yang diungkap oleh Lucky Mangkey, M. Kom kepada SUARAMANADO.com usai mendaftarkan diri sebagai Calon Wakil Walikota dari partai gabungan non seat (tanpa kursi).

Keterpanggilan dirinya untuk maju dalam pentas kontestasi politik di Kotamobagu karena selama ini melihat adanya anomali politik dalam proses demokrasi. Hal ini, menurutnya sebetulnya sangat disadari oleh semua masyarakat. Acapkali berganti pemimpin, setiap kali itu pula rakyat hanya menjadi korban janji muluk para elit politik.

“Lihat saja bagaimana money politik dipraktekan secara kasat mata di panggung demokrasi kita. Bukan malu, takut atau rasa bersalah, malah para elit dan masyarakat sudah menjadikan money politik sebagai nilai positif (etis, red) dalam proses berpolitik”,ujar rektor Universitas Nusantara ini.

Keanehan seperti ini tentu tidak boleh dibiarkan. dan rakyat yang terus menjadi korban harus diadvokasi agar jangan berselingkuh dengan proses pembodohan ala elit politik yang hanya menakar suara rakyat dengan sejumlah uang puluhan dan ratusan ribu.

“Bagi saya, politik tetaplah cara terbaik untuk mencapai kekuasaan, tapi politik transaksional akan menemukan ajalnya asalkan rakyat bisa melek politik”,tandas ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Komputer (APTIKOM) SULUT.

Karena itu, bagi Mangkey, meski mengerti bahwa pertarungan di kontestasi politik Kota Kotamobagu alot, namun dirinya optimis dia dan pasangannya, Toan Tongkasi akan mampu memenangkan hati rakyat dan menjadi tonggak bagi peneggakan demokrasi yang sebenarnya. (fer)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>