Harley A. B. Mangindaan, Mengunjungi MPLIK di HPN

SUARAMANADO, Manado: Wakil Walikota Kota Manado Harley Alfredo Benfica Mangindaan memastikan kesiapan infrastruktur ICT di lokasi acara puncak HPN di Manado. Kota Manado harus menjadi tempat yang menyenangkan, penuh kesan termasuk penggunaan ICT.

Sebelum kedatangan orang nomor satu di Indonesia, panitia telah berupaya semaksimal mungkin untuk mendukung acara HPN agar berjalan sukses. Dinas Kominfo SULUT yang mimbidangi ICT Bpk. Johny Rembet harus menyiapkan peralatan MPLIK di lokasi acara. Melihat kemampuan MPLIK yang hanya 256 kbps maka rembet menggandeng media SUARAMANADO sebagai anak perusahaan dari INFOTEK Multimedia untuk mensponsori bandwith internet sebesar 20 Mbps.

Dengan kecepatan tersebut, semua media yang berada di lokasi acara puncak HPN dapat melakukan video streaming (live) dari acara ini. Beberapa hari sebelum acara nampak peralatan para wartawan sudah pada konek ke BTS (Base Transfer Station) demikian papar Rembet. H-1 sebelum kedatangan RI One memang kita ada kesulitan teknis penempatan AP (Acces Point) khususnya di dalam ruangan karena harus berhadapan dengan security pasukan pengawal presiden namum sampai acara berlangsung semua berjalan dengan baik tanpa ada kendala dengan peralatan radio frequency jammer demikian papar teknisi dari Infotek Bpk. Nielson Assa.

Dilain pihak, Bapak Wakil Walikota Manado sangat peduli dengan peralatan ICT. Sebelum kedatangan RI 1, wawali beberapa kali mengecek MPLIK dan kesiapan ICT di lokasi acara penutupan HPN. Setelah acara selesai Pak Wawali juga mampir di MPLIK untuk mengecek jika ada kendala selama acara berlangsung. Pak wawali memang peduli ICT demikian papar beberapa teknisi Dinas Perhubungan Prov. SULUT yang khusus melayani tamu dan peserta HPN yang membutuhkan internet.

Nampak juga wawali bercakap-capak dengan CEO Infotek Lucky Mangkey bersama Bpk. Johny Rembet penanggung jawab MPLIK Prov. SULUT untuk kesiapan kolaborasi penanganan ICT untuk acara-acara besar yang akan dilaksanakn di Kota Manado. Mangkey yang juga ketua APTIKOM SULUT bersedia mendukung program pemerintah khususnya di bidang ICT. Dalam waktu dekat, sebagai wujud pengabdian masyarakat kampus, saya bersama teman-teman APTIKOM SULUT akan membuat program pengembangan Server Web untuk mengisi konten-konten lokal Kota Manado papar Mangkey yang juga adalah Rektor UN.

Untuk memulai program ini, Wawali Kota Manado Bpk. Harley Mangindaan bersama APTIKOM SULUT akan membuat pelatihan pembuatan web kepada guru-guru Kota Manado yang akan diikuti oleh siswa dan siswi. Mobil MPLIK akan digunakan secara optimal untuk berkunjung ke sekolah-sekolah di Kota Manado demikian papar rembet setelah percakapan dengan Bang Ai sapaan akrab untuk wawali.

Lain halnya dengan teknisi MPLIK, mereka sangat siap menerima kunjungan Menkominfo Bpk. Tifatul Sembiring dan ingin menunjukan kreatifitas mereka mengkolaborasi koneksi VSAT dengan Wireless menjadi internet yang powerfull. Sayang pak mentri hanya melihat kami dari jauh di depan loby ruangan Konvensi demikian harapan para teknisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>